Kecepatan Booting Linux Ubuntu 10

Sejak dulu waktu booting sistem operasi selalu tak pernah berhenti diperbincangkan. Kini, tim pengembang Ubuntu telah menetapkan target baru, yakni booting 10 detik. Waktu yang sangat singkat ini dijanjikan hadir pada Ubuntu 10.04 yang bernama kode karmic+1.

Target 10 detik itu telah diumumkan dalam milis pengembang Ubuntu oleh Canonical’s Scott James Remnant. Remnant mengatakan, waktu 10 detik itu hanyalah perkiraan awal, dan software Ubuntu bisa saja diutak-atik agar sesuai dengan konfigurasi hardware tertentu.

Ubuntu menggunakan netbook Dell Mini 9 – dengan kombinasi SSD yang cepat dan CPU yang lambat – sebagai platform referensi. Menurut Remnant, target waktunya mencakup login ke desktop di CPU dan disk yang idle. Perhitungannya adalah 2 detik untuk kernel, 2 detik untuk driver dan filesystem mounting, 2 detik untuk X.org server dan 4 detik untuk sesi desktop.

Nah kita tunggu saja kehadiran Ubuntu 10.04 yang waktu booting-nya lebih cepat itu. Sebagai pembanding, pengujian dengan Windows 7 64-bit di sistem Core 2 Duo 2,66GHz dengan RAM 4GB mengungkapkan waktu booting 53 detik.

Sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s