Firebird

Anda mungkin sudah sering mendengar mengenai Oracle Database, SQL Server, IBM DB2, Informix, Sybase, PostgreSQL dan lain sebagainya. Yang penulis sebut itu adalah aplikasi relational database server yang sifatnya komersial. Apa ada sih RDBMS (Relational Database Management System) yang gratis atau bahkan open source? Jawabannya adalah ADA !! Namanya adalah Firebird Apa sih Firebird itu? Simak saja tulisan kali ini.

Firebird adalah salah satu aplikasi RDBMS (Relational Database Management System) yang bersifat open source. Awalnya adalah perusahaan Borland yang sekitar tahun 2000 mengeluarkan versi beta dari aplikasi database-nya InterBase 6.0 dengan sifat open source. Namun entah kenapa tiba-tiba Borland tidak lagi mengeluarkan versi InterBase secara open source, justru kembali ke pola komersial software. Tapi pada saat yang bersamaan programmer-progammer yang tertarik dengan source code InterBase 6.0 tersebut lalu membuat suatu team untuk mengembangkan source code database ini dan kemudian akhirnya diberinama Firebird

Anda bisa melihat berbagai macam aktivitas dan kemampuan Firebird pada situs officialnya yang beralamat di http://www.firebirdsql.org. Saat ini source code Firebird sudah ditulis ulang dengan menggunakan C++. Sampai tulisan ini ditayangkan versi terakhir Firebird adalah versi 1.5.1. Firebird merupakan database server yang bersifat cross-platform, ini berarti Firebird bisa berjalan pada beberapa sistem operasi, sebut saja ada Windows, Linux, FreeBSD, MacOS X, OpenBSD, HP-UX dan AIX.

Banyak sekali fasilitas menarik yang ditawarkan oleh Firebird (ini bisa dibandingkan dengan fasilitas yang ditawarkan oleh MySQL). Firebird memiliki rata-rata fasilitas yang dimiliki oleh sebuah komersial database misalnya seperti stored procedure, trigger, sistem backup, replikasi dan tools sql yang lengkap. Firebird juga support dengan ANSI SQL yang berarti akan semakin memudahkan Anda dalam proses migrasi antar database platform.

Apakah Firebird support transaction?

Ya, Firebird support dengan transaksi layaknya pada database komersial lainnya. Sebuah transaksi bisa di-commit atau di-rollback dengan mudah. Bahkan Firebird support dengan savepoint pada suatu transaksi dan kita bisa melakukan rollback kembali ke savepoint yang kita tentukan tadi (ini mirip seperti fasilitas pada Oracle).

Apakah Firebird support foreign key?

Ya, Firebird menggunakan sintaks standard untuk menciptakan suatu foreign key.

Apakah Firebird support row level locks?

Ya, secara default Firebird menggunakan apa yang disebut dengan multi-version concurrency system. Ini artinya bahwa semua session pada database akan melihat data yang lama sampai data yang baru sudah di-commit ke dalam database. Sebagai alternative untuk locking juga bisa digunakan perintah select… for update with lock.

Apakah Firebird support stored procedure dan triggers?

Ya, Firebird support stored procedure dengan bahasa yang standard sehingga tidak akan membingungkan bagi Anda yang ingin belajar. Triggers pada Firebird mirip seperti yang dijumpai dalam Oracle yaitu menggunakan before atau after insert, update atau delete. Ini berbeda dengan sistem trigger pada Sybase atau MS SQL Server yang menggunakan tabel virtual inserted dan deleted.

Apa Firebird bisa melakukan replikasi?

Ya, solusi untuk replikasi kebanyakan dibuat oleh pihak ketiga, tetapi sebenarnya teknik replikasi ini seperti konsep trigger yang selalu memonitor adanya operasi insert, update atau delete ke dalam database.

Apa Firebird support dengan multiple data file?

Ya, Firebird bisa menggunakan lebih dari satu file sebagai single logic database. Ini sangat berguna bagi para DBA (Database Administrator) untuk mengadministrasi database.

Apa software untuk mengadministrasi mudah didapat?

Ya, ada banyak sekali software untuk mengadministrasi database Firebird misalnya saja EMS IB Manager, IBConsole, isql, FBManager, Marathon dan banyak lagi yang lainnya. Aplikasi tersebut ada yang komersial atau bahkan ada yang open source.

Apa user default yang ada Firebird

Kalau di SQL Server ada user sa, di Oracle ada user system, maka di Firebird ada user SYSDBA yang merupakan system administrator user databasenya.

Apa saja library connection untuk Firebird yang sudah tersedia?

Banyak, ada driver untuk ODBC, JDBC bahkan .NET database provider. Bahkan dari PHP juga sudah disediakan library untuk koneksi ke database Firebird ini.

Apa komunitas Firebird sudah banyak?

Ya, sangat banyak. Di Indonesia komunitas yang sering menggunakan Firebird biasanya adalah programmer Delphi. Kalau di luar negeri sudah sangat banyak sekali komunitasnya, mulai dari komunitas developer, Firebird architect, Firebird test dan lain sebagainya. Anda bisa mencarinya di Yahoo! Groups (www.yahoogroups.com) dengan kata kunci Firebird

Tertarik untuk migrasi ke Firebird Silakan saja Anda mencobanya dan rasakan bedanya. Silakan saja Anda segera menuju ke http://www.firebirdsql.org dan mendownload paket instalasi Firebird yang sesuai dengan sistem operasi yang Anda gunakan. Dengan menggunakan sistem database yang open source maka Anda terbebas dari biaya lisensi dan lain sebagainya.

sumber : http://sman1me.com/cetak.php?id=50

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s