PENGENALAN PHP (HYPERTEXT PREPROCESSOR)

Sebelum mengenal PHP minimal harus sedikit mengetahui HTML. Tapi disini tidak aku jelaskan apa itu HTML, aku langsung aja ke PHP. Apa sih PHP itu????

PHP adalah sebuah bahasa scripting yang terpasang pada HTML dan digunakan untuk membuat dinamic web. PHP bersifat server side, artinya PHP dijalankan pada sisi server. Kode-kode PHP akan dieksekusi atau diproses di komputer server yang kemudian menghasilkan output yang biasanya berupa HTML atau HyperText Markup Languange untuk ditampilkan pada browser komputer client. Sebagian besar sintaks mirip dengan bahasa C/C++, Java dan Perl, ditambah beberapa fungsi PHP yang spesifik. Tujuan utama bahasa ini adalah untuk memungkinkan perancang web menulis halaman web dinamik dengan cepat.PHP pertama kali dibuat oleh seorang programer C, Rasmus Lerdroft dengan versi pertama pada tahun 1995 yang semula PHP digunakannya untuk menghitung jumlah pengunjung di dalam webnya.
Sekarang PHP merupakan salah satu bahasa pemrograman web yang terkenal, PHP berkembang dengan cepatnya dikarenakan gratis dan bebas. Untuk memakai PHP harus mempunyai server sebagai localhost, PHP itu sendiri dan biasanya beserta databasenya. Server PHP yang paling sering digunakan adalahapache web server. PHP dapat didownload secara gratis disini juga databasenya yang paling sering bersama PHP adalah MySQL. Tapi yang menurut penulis sendiri menginstal ketiganya termasuk ribet,

penulis biasa pakai XAMPP karena tinggal next next aja udah selesai. Tapi untuk catatan, pada saat menginstal maupun menggunakan PHP semua server seperti IIS harus dimatikan, biar tidak terjadi tabrakan dengan server apache. Untuk menulis atau mengedit kode-kode PHP tersebut, kita bisa menggunakan teks editor biasa seperti Notepad bawaan Windows, selain itu bisa juga menggunakan Dreamweaver yang telah dilengkapi dengan fitur autocomplete kode untuk mempercepat dalam penulisan kode PHP.

Seperti halnya pada bahasa pemrograman lain, dimana dikenal ada beberapa tipe variable yang dapat digunakan untuk melakukan proses didalam program, seperti proses assignment, proses aritmatika, proses logika dan sebagainya, maka PHP menyediakan lima tipe data standar yaitu Integer (bulat), Float (pecahan), String dan Object.Suatu variable PHP harus dimulai dengan tanda “$” (dollar) dan minimal diikuti dengan satu huruf dan dapat diikuti selanjutnya dengan angka atau huruf.

1 Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s