Mengganti Tema WordPress dan Upload Plugin Via FTP

Setelah membangun blog wordpress, langkah selanjutnya adalah mengganti theme atau template wordpress dan menambah plugin untuk mempercantik blog kita, Dan untuk melakukan ini kita perlu melakukan yang namanya transfer FTP.

Transfer FTP, atau istilah lainnya mengupload file kita ke dalam hosting punya beberapa macam cara, tapi saya hanya menjelaskan yang menurut saya cukup mudah yaitu dengan menggunakan Filezilla, kalau anda belum punya program FTP filezilla silahkan download disini. Fillezila adalah pogram yang gratis dan cukup handal dalam melakukan upload data ke hosting.

Berikut adalah cara cara untuk menggunakan FileZilla, untuk lebih mudahnya saya ambilkan dari situs sebelah caffebloger, berikut adalah langkah langkahnya:

Setting Opsi

Kamu butuh beberapa informasi berikut untuk menggunakan FileZilla (dan juga software FTP lainnya) :

1. Alamat FTP hostingmu (biasanya ftp://nama_domain.com jika URLmu http://nama_domain.com)
2. Username FTP (seperti yang udah kita setting diatas)
3. Password FTP

Sekarang buka FileZilla. Lalu klik menu File-Site Manager hingga terbuka kotak dialog berikut :

Sekarang kita perlu mengatur agar FileZilla terhubungan dengan server hosting kita

1. Klik New Site, lalu beri nama sesuai selera.
2. Masukkan alamat FTP kita
3. Biarkan settingnya tetap FTP dan Post Number tetap 21. Ubahlah kalo memang dikehendaki oleh server.
4. Pilih Normal pada Login Type
5. Masukkan username dan passwordnya
6. Ingat, bahwa password biasanya Case Sensitive.

Klik Connect dan tunggu beberapa saat. Kamu akan melihat serangkaian tulisan proses penyambungan ke server. Kalo udah selesai kamu akan segera melihat daftar file atau folder yang tersimpan di server.

File di harddisk ada di sebelah kiri, sedangkan file di server ada di sebelah kanan. Kamu cukup melakukan drag drop aja dari harddisk ke server. Selanjutnya FileZilla yang akan bekerja mengirim file-file yang kamu tentukan.

Dikutip Dari : CaffeBlogger

Sekarang kita lanjut, kalau kita langung melakukan koneksi melalui filezilla, maka seperti yang dikatakan diatas akan ada jendela yang terpisah, yang pertama adalah file yang ada dihardisk anda yang disampingnya adalah file yang berada di hosting anda, sekarang kita berlanjut ke arah cara mengupload Themes dan Plugin pada hosting, karena awalnya saya membahas freehostia, mungkin gambaran saya lebih dekat dengan keadaan file hosting pada freehostia.

Pertama Mengupload dan Mengganti Theme Pada WordPress:

1. Download Theme yang anda pilih, banyak site yang menyediakan Themes yang bagus dan baik, tapi yang lumayan lengkap ada disini, karena biasanya dalam bentuk zip, maka harus di uncompress dulu filenya, selanjutnya kita jalankan program filezilla.

2.Masuk kedalam hosting anda, nantinya anda akan menemukan folder “namasite.freehostia.com”, Klik dan masuk kedalam folder tersebut nanti anda akan menemukan 3 folder lainnya yaitu “wp-admin”, “wp-content”, “wp-includes”, nah kita masuk folder “wp-content”,nanti kita menemukan folder “plugin” dan “theme”, karena kita mau mengupload theme, maka kita masuk kedalam folder theme dan masukkan file theme yang sudah kita download dengan cara menggeser kursor seperti yang kita lakukan pada windows explorer.

3. Kita masuk kedalam dashboard atau control pannel admin, dengan login terlebih dahulu kedalam blog kita dan pilih presentation, dibawahnya nanti ada pilihan theme dan theme editor, nanti begitu anda masuk kedalam menu presentation yang terlihat adalah menu theme terlebih dahulu, dan kalau upload anda selesai maka akan terlihat daftar theme dibawahnya, termasuk juga theme yang anda upload, untuk mengganti theme default klik theme yang anda pakai dan tunggu beberapa saat, dan theme andapun berubah sesuai dengan theme yang anda inginkan.

Kedua Menggunakan dan Mengupload Plugin.

1. Plugin adalah script yang sudah jadi untung menghack wordpress sehingga anda tidak perlu repot repot menghack wordpress anda sendiri, kegunaannya banyak dari mencegah spam, memperindah blog, sampai memperkuat SEO, untuk mendownload dan melihat kegunaan plugin silahkan lihat disini, setelah download uncompress file plugin jika didownload dalam keadaan terkompress.

2. Jalankan FileZilla ikuti step step seperti diatas, namun setelah masuk “wp-Content” pilih folder “plugin”, lalu upload file plugin anda disana.

3. Masuk control pannel admin, lalu pilih menu plugin, jika upload anda benar plugin sudah ada dalam daftar dan klik “actived”, dan plugin andapun kini aktif.

4. Beberapa Plugin kadang memerlukan kode tambahan yang harus anda taruh pada themes anda, baca dan gunakan secara benar, dan taruh code tersebut pada bagian yang diperintahkan, dengan mengeedit pada bagian “theme editor”.

catatan : hati-hati ketika menggunakan plugin lihat spesifikasi wordpress yang diperlukan sesuaikah dengan versi yang kita gunakan, sebab kalau salah bisa menghancurkan blog kita. Kalau sudah begini jangan takut cukup non aktikan kembali plugin anda, atau kalau tidak bisa juga masuk ke Folder Plugin melalui FileZilla,dan hapus plugin tersebut dari sana.

Buat tutorial bagaimana cara mengedit themes pada wordpress yang ada kaitannya dengan tulisan ini silahkan download buku tutorialnya disini.

Terakhi buat pengguna freehostia, terkadang kita tidak bisa mengupload karena server penuh oleh pengguna, maklumlah gratis, tapi ulangi saja langkah langkahnya kembali biasanya hal itu jarang sekali kecuali pada jam jam tertentu.

2 Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s